Perbedaan Charger iPhone Yang Palsu / KW Abal-Abal Dengan Original

Posted on

Halo kawan-kawan user pengguna iPhone. Pada kesempatan kali ini tokonanoiphone ingin share bagaimana cara membedakan charger iPhone yang ori dengan yang KW alias abal-abal. Sekarang ini barang palsu / KW sudah sangat menjamur di pasaran. Mulai dari produk rumah tangga, hingga elektronik. Memang sudah bukan rahasia lagi kalo masyarakat sudah tentu lebih menyukai produk-produk murah ketimbang yang berkualitas.

Beberapa kasus fatal yang sering terjadi seperti contohnya charger yang terbakar, iPhone yang meledak itu semua karena penggunaan charger abal-abal. Bahkan ada pula yang kesetrum saat mengecas iPhone miliknya. Bahaya penggunanaan charger KW alias abal-abal dapat menimbulkan korsleting, hingga terbakar.

Tentu saja beberapa kasus ini membuat kita khawatir untuk membeli charger baru yang sudah rusak. Tapi apa tepatnya perbedaan antara charger “KW” alias palsu dengan charger original yang membuatnya bisa membawa maut?

Bentuk Yang Mirip.

charger iphone ori vs kw

Dari luar bentuk charger iPhone asli dengan yang palsu emang terlihat sama. Bentuknya emang sangat mirip.

Namun ketika charger dibuka, nyatalah bahwa kualitas charger asli dan palsu benar-benar berbeda. Untuk mengubah input AC 100-240 volt menjadi output 5 volt 1 Ampere, charger asli dari Apple menggunakan komponen pemasok daya flyback switching yang canggih.

Charger iPhone ini adalah pemasok data tipe switching di mana listrik input dihidup-matikan (switching) sebanyak 70.000 kali per detik untuk mendapatkan voltase keluaran yang sesuai. Begitu selesai dikonversi menjadi voltase rendah oleh transformer jenis flyback, aliran listrik kemudian difilter agar bebas interferensi dan diubah menjadi arus searah (DC).

Hasilnya? Charger iPhone asli mampu menghasilkan output sesuai spesifikasi, yaitu 5 volt 1 ampere atau daya listrik sebesar 5W, yang stabil dan relatif bebas dari fluktuasi dan spike (lompatan voltase secara tiba-tiba dalam waktu singkat).

Selain charger iPhone adapula charger untuk iPad yang memiliki daya sebesar 10W (5V == 2A) dan 12W (5,2V == 2,4A)

Kualitas Buruk dan Tidak Sesuai Standar

charger iphone kw vs ori

Mengapa daya keluaran charger iPhone palsu bisa begitu buruk? Hal ini tak lain dan tak bukan disebabkan oleh kualitas komponen yang dipakai. Untuk menekan harga, charger iPhone palsu menggunakan komponen listrik yang murah dan kurang berkualitas.

Yang lebih berbahaya lagi, produk-produk charger palsu kerap tak mengindahkan standar keamanan Underwriters Laboratories (UL) soal insulasi antara sirkuit listrik input dan output yang mencegah terjadinya kebocoran listrik dari aliran masuk ke aliran keluar.

Lebih Penting Murah Atau Kualitas?

Charger Apple original memang tergolong MAHAL bila dilihat dari nominalnya. Namun itu semua sebanding dengan kualitas yang ditawarkan oleh setiap komponennya.

Charger dari Pihak Ketiga.

Selain Apple sendiri yang memproduksi chargernya. Perusahaan ternama lainnya juga turut membuat charger untuk iPhone ini. Contohnya Nilkin, Turtle Brand, Zikko, dan banyak lainnya.

Namun bila anda ingin membeli charger dengan merek di luar Apple, pastikan anda membeli yang sudah mendapat sertifikasi dari Apple. Ditandai dengan logo “MADE FOR iPHONE”.

Buat agan yang butuh charger iPhone atau charger iPad original agan bisa mendapatkannya di tokonanoiphone.com. Untuk daftar harganya bisa dicek di daftar harga charger.

Untuk lebih jelasnya bisa baca penjelasan di sini. Dan sudah mendapatkan RATUSAN TESTIMONI dari pembeli yang PUAS. Cek testimoni di sini.